Rabu, 02 Juli 2014

Babak 16 Besar: Kolombia Paling Meyakinkan, Brasil-Kosta Rika Butuh Adu Penalti

Tuntas sudah babak 16 besar Piala Dunia 2014 di mana sudah ada delapan tim yang berhasil merebut tiket perempatfinal. Kolombia paling meyakinkan lolosnya sementara tuan rumah Brasil dan Kosta Rika untuk melaju butuh adu penalti.

Babak perdelapanfinal dimulai Sabtu pekan lalu di mana Brasil membuka dengan duel kontra Chile. Selecao harus susah payah menaklukkan sesama negara Amerika Latin itu.

Sempat unggul lewat David Luiz, gawang Brasil harus kebobolan lewat gol Alexis Sanchez. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal habis dan bahkan Brasil nyaris kebobolan di menit-menit akhir babak perpanjangan waktu andaikan tembakan Mauricio Pinilla tak membentur mistar gawang.

Kedudukan tetap imbang ketika 120 menit laga tuntas dan dalam babak tos-tosan, Brasil akhirnya melaju ke perempatfinal usai menang 3-2.

Setelah itu lanjut ke laga Kolombia kontra Uruguay di mana Los Cafeteros tampil trengginas dan digawangi bintang mudanya James Rodriguez, La Celeste yang tak diperkuat Luis Suarez kerepotan sepanjang laga meladeni permainan Kolombia.

Alhasil satu gol cantik dibuat Rodriguez di pertengahan babak pertama yang dilanjutkan gol keduanya di paruh kedua laga dan Kolombia pun berhak lolos pertama kalinya ke babak delapan besar.

Rodriguez sendiri kini memuncaki daftar topskorer dengan sumbangan lima gol, mengungguli nama-nama top seperti Lionel Messi, Neymar, dan Thomas Mueller.

Sementara itu Belanda yang dihadapkan dengan Meksiko sempat kerepotan karena panasnya cuaca di Fortaez, harus menunggu hingga menit-menit akhir untuk mencetak dua gol yang membuat mereka menang 2-1.

Kosta Rika yang berhadapan dengan Yunani harus rela kebobolan di menit-menit akhir waktu normal yang membuat mereka wajib melanjutkan laga ke perpanjangan waktu.

Skor 1-1 di 120 menit tetap bertahan dan Kosta Rika menang 5-3 dalam drama adu penalti.


Di hari ketiga perhelatan babak 16 besar, Prancis memang menang 2-0 atas Nigeria namun gol-gol Les Bleus baru bisa hadir di sepuluh menit akhir laga lewat Paul Pogba dan bunuh diri Joseph Yobo.

Sementara itu favorit juara Jerman butuh 2x15 menit di masa extra time untuk bisa menyingkirkan Aljazair dengan kemenangan tipis 2-1.

Semalam dua laga terakhir di babak 16 besar harus dituntaskan dengan perpanjangan waktu saat Argentina yang sepanjang laga dibuat frustrasi oleh Swiss, akhirnya lolos usai Angel Di Maria bikin gol di menit 118!

Hal serupa terjadi saat Belgia berhadapan dengan AS. 'Setan Merah' tampil dominan dan menggempur habis pertahanan AS sepanjang laga, baru bisa lolos setelah menuntaskan 120 menit laga dengan kemenangan 2-1.

Lima dari delapan pertandingan perdelapanfinal harus dituntaskan lewat perpanjangan dan ini sudah jadi rekor di Piala Dunia. Bahkan dibutuhkan dua kali adu penalti untuk menentukan siapa pemegang tiket perempatfinal.

Kini setelah babak 16 besar yang cukup panjang dan melelahkan, akankah duel 4 tim Amerika dan 4 tim Eropa di perempatfinal akan berujung sama? Kita tunggu saja.

0 komentar:

Posting Komentar