Sabtu, 12 Oktober 2013

7 Metamorfosis Honda Jazz 'Xtreme Las Vegas'

Program Studi Teknik Mesin-Otomotif Universitas Petra beberapa waktu lalu kembali menggelar sebuah ajang mobil modifikasi. Pagelaran yang bertajuk Mechanical Auto Contest (MAC) 2013 tersebut berlangsung di SSCC Supermall Pakuwon Indah Surabaya pada tanggal 22-20 September lalu.

Pagelaran mobil modifikasi oleh 'arek Suroboyo' tersebut diikuti oleh belasan modifikator kreatif yang kebanyakan berasal dari Surabaya sendiri. Termasuk pula modifikator peraih gelar Best Bodykit Xtreme, Yong Tan.

Berawal dari keinginan untuk tampil beda mendorong pria pemilik Honda Jazz ini untuk mengoperasi tunggangan kesayangannya tersebut. "Saya nggak pengen punya mobil yang biasa-biasa saja. Apalagi Honda Jazz kan sekarang sudah banyak sekali yang punya. Makanya, biar tampil beda mobil ini saya modifikasi," tutur Yong Tan.

Honda Jazz 'Xtreme Las Vegas'






'Xtreme Las Vegas', itulah tema yang ingin disematkan dalam-dalam oleh Yong Tan pada City Car kesayangannya tersebut. "Tema utamanya Xtreme Las Vegas. Ide dan konsep dapat dari teman, tapi kebanyakan saya sendiri yang mengembangkan," ungkapnya.

Demi menyematkan tema 'Xtreme Las Vegas' dengan sempurna ke dalam Honda Jazz ini, si empunya mobil sampai rela merogoh kocek hingga Rp 500 juta dan waktu hingga 4 bulan dalam proses metamorfosis mobil ini.

Bagian belakang Honda Jazz 'Xtreme Las Vegas'






Tak sia-sia kerja keras yang dilakukan oleh Yong Tan bersama bengkel modifikasi M4 Bodywork Surabaya dan Audio Center Jember merombak mobil tersebut. Total 7 gelar berhasil mereka raih di pagelaran mobil MAC kemarin. Yaitu:

  • Best Bodykit Extreme
  • King Xtreme Nominee
  • Best Stance Nation
  • Best Theme
  • Most Powerful Amplifier
  • 3rd SQL Master
  • 1st ESPL Master


Guna menghadirkan kesan 'Xtreme' serta kemewahan khas Las Vegas, bagian wajah Honda Jazz ini dirombak sedemikian rupa dengan menggunakan engine hood (kap mesin) custom kreasi Yong Tan sendiri.
Bumper depan juga tak luput mendapat sentuhan custom yang membuatnya tampak lebih sangar dan tentu saja 'Xtreme'.

Nuansa elit yang beda terasa saat pertama kali melihat tampilan luar mobil yang jadi King Xtreme Nominee MAC 2013 ini. Pasalnya, 90% bagian eksteriornya dikerjakan sendiri secara custom oleh bengkel modifikasi M4 Bodywork Surabaya. Mulai dari Wide Bodikit, Side Skirt, vender, roofscoop, air scoop, bumper belakang hingga spoiler semuanya dikerjakan secara custom.
Perihal pewarnaan, Yong Tan membalut mobil kesayangannya ini dengan overspet silver dengan warna blue mintz yang manis. Di lapisan terluarnya, cutting sticker bertemakan Las Vegas kian menambah aura mewah serta memperkuat kesan Las Vegas yang dikenal dengan pesta dan kehidupan malamnya.


Penampilan baru si Honda Jazz Xtreme Las Vegas ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi si pemilik mobil. "saya senang saat mobil ini menonjol dan berbeda dari yang lain. Apalagi ketika menjadi perhatian orang banyak saat di jalan," tutur Yong Tan.
Tak ingin terlihat biasa, bagian kaki-kaki standar Honda Jazz digeser oleh Yong Tan. Sebagai gantinya ia menggunakan Lugnut/baut dan Velg orisinil dari Volk Rays TE37 R19 dengan ukuran 8,5 inch untuk bagian depan dan 9,5 inch di bagian belakang. Sedangkan bagian suspensi lama dicomot dan diganti dengan suspensi Tein S-Tech.
Istimewanya lagi, 'arek Suroboyo' yang satu ini mengadaptasikan rem Brembo GT 4pot Disk 320MM dan Brake Kit FD2 type R dalam sistem pengereman mobil dengan tema 'Xtreme Las Vegas' ini. Begitu sistem pengereman selesai dirombak, Yong Tan menyematkan Under Strutbar 1 set di mobil kesayangannya tersebut.
Memasuki sektor jantung pacu, tangan kreatif Yong Tan tak mau diam. Tercatat custom Turbo Turbine Garret TD05, Unichip Dastek Q+, groundwire dan blowoff valve milik HKS serta Accu kinetik ia adaptasikan ke sumber tenaga Honda Jazz miliknya.
Selain itu, strutbar dan busi dari NGK Racing juga diimbuhkan ke jantung pacu mobil ini.






0 komentar:

Posting Komentar