Rabu, 13 November 2013

Timnas Spanyol Dituduh Wakili Diktator


SCOREflash - Ujicoba antara timnas Spanyol dan Guinea Ekuatorial di akhir pekan nanti bisa dibilang menjadi keberuntungan tersendiri bagi rakyat Guinea. Pasalnya, tim juara dunia itu akan datang tanpa bayaran.

Namun tidak semua orang rupanya senang akan hal ini. Tutu Alicante, salah seorang aktivis kemanusiaan di Guinea Ekuatorial, menyebut bahwa kedatangan timnas Spanyol ini tak lebih dari cara diktator setempat, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo untuk membuat rakyat melupakan isu yang lebih penting.

"Saya tidak bisa membayangkan Inggris bermain di Zimbabwe ketika Robert Mugabe sedang berkuasa," jelas Alicante menurut laporan yang dilansir oleh The Guardian.

"Menggunakan even olahraga besar seperti ini, atau mendatangkan Julio Iglesias (presiden Obiang mendatangkannya musim panas lalu) dan menjadi tuan rumah kompetisi kecantikan dengan dana jutaan dolar, merupakan cara diktator untuk mengalihkan isu dan membuat rakyat miskin tetap senang."

Alicante pun kemudian menutup pernyataannya dengan menyebut bahwa timnas Spanyol sengaja menutup mata akan kenyataan ini dan tidak peduli dengan nasib rakyat Guinea Ekuatorial.

Presiden Obiang sendiri dituduh melakukan pelanggaran serius dengan menyiksa lawan politiknya serta melakukan tindakan korupsi di negaranya.

0 komentar:

Posting Komentar